Thursday, October 27, 2011

India: Jangan Tiru Shah Rukh Khan!

MUMBAI, SENIN - Superstar Bollywood Shah Rukh Khan dan Amitabh Bachchan telah diminta untuk berhenti menyesatkan publik dengan kebiasaan mereka merokok di tempat umum. Himbauan ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan India Anbumani Ramadoss lewat jaringan televisi CNN-IBN.

Ramadoss,yang sedang menggiatkan kampanye larangan merokok di layar televisi dan film, merasa prihatin dengan peningkatan drastis jumlah perokok dari kalangan usia muda di India."Seharusnya tidak ada adegan merokok di dalam film karena adegan ini telah mendorong 52 persen anak-anak di India untuk merokok," ujar Ramadoss.

Jumlah perokok, yang menyaksikan tayangan film di bioskop-bioskop India, yang berpenduduk 1,1 miliar jiwa, merupakan terbesar di dunia. Sekitar 2.200 orang meninggal dunia setiap harinya di India akibat penyakit yang berhubungan dengan dampak asap rokok.  

Pada Oktober 2007, Organisasi Anti-Rokok Nasional India menyampaikan somasi ke Shah Rukh Khan yang dipublikasikan fotonya saat merokok di sebuah pertandingan cricket dan konferensi pers. Superstar veteran Bachchan juga terpaksa menyampaikan permohonan maafnya karena dikritik keras lewat posenya merokok di sejumlah poster film.

Selain melarang merokok di tempat umum, pemerintah India juga melarang pemasangan iklan produk rokok pada tahun 2004 sebagai usaha menekan angka kematian yang disebabkan oleh asap rokok. (AFP)


http://health.kompas.com/read/2008/01/28/16112683/India.Jangan.Tiru.Shah.Rukh.Khan.

No comments:

Post a Comment