Sunday, October 23, 2011

China Terapkan Larangan Merokok

BEIJING, KOMPAS.com — China, Kamis (24/3/2011), mengumumkan larangan merokok yang lama dinanti. Larangan itu mulai berlaku Mei mendatang. Ini merupakan upaya membasmi kebiasaan buruk negara tersebut.

Namun, pihak berwenang, sebagaimana dilansir Radio Nederland yang mengutip kantor berita Belanda, ANP, belum merilis rincian apa pun soal hukuman jika ada pelanggaran. Departemen Kesehatan mengatakan,
"Operator dari tempat-tempat umum harus memasang peringatan mencolok dan pemberitahuan tentang larangan merokok." Selain itu disebutkan larangan akan meliputi taman, hotel, bioskop, museum, dan restoran, tetapi tidak kantor. Tembakau juga akan tidak dijual lagi  di mesin penjual.

Beijing sebelumnya telah berkomitmen memperkenalkan larangan pada 9 Januari tahun ini ketika menandatangani sebuah konvensi WTO tentang tembakau.

Di China terdapat lebih dari 300 juta perokok, dan hampir 1,2 juta orang China meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan merokok setiap tahun—ini merupakan 20 persen dari total korban di seluruh dunia.
Kebiasaan merokok sangat lekat tertanam di China, salah satu contohnya menawarkan sebatang rokok sebagai bentuk ucapan salam.

Larangan diperkenalkan di Shanghai sebelum World Expo 2010, tetapi terbukti sangat tidak efektif. Perokok terus merokok secara terbuka di depan tanda dilarang merokok di seluruh kawasan. Demikian pula Beijing mencoba memperkenalkan larangan merokok sebelum Olimpiade 2008, tetapi hal ini juga banyak menjadi obyek cemoohan.


http://health.kompas.com/read/2011/03/24/18213021/China.Terapkan.Larangan.Merokok

No comments:

Post a Comment