Thursday, February 9, 2012

Layanan Gratis untuk Berhenti Merokok

SOLO, KOMPAS.com -- Klinik Berhenti Merokok (KBM) di Kota Solo, Jawa Tengah, memberi layanan gratis mulai dari pemeriksaan, konsultasi dokter, hingga obat-obatan kepada seseorang yang ingin menghentikan kebiasaan merokok. Klinik ini tersebar di empat puskesmas, yakni Puskesmas Nusukan, Penumping, Purwodiningratan, dan Kratonan.

Pasien yang datang ke KBM terlebih dahulu akan diperiksa fungsi paru-parunya oleh spirometri dan kadar CO dalam darah. Zat CO adalah racun dalam rokok. Setelah itu, pasien akan berkonsultasi dengan dokter.

"Di sini kami tanyakan, riwayat merokoknya. Apakah pernah mencoba berhenti merokok dan apa kendalanya. Biasanya pasien sendiri yang menyatakan kapan akan mulai mengurangi atau berhenti merokok," kata koordinator tim KBM Puskesmas Purwodiningratan dr Andreas Budi Santoso, Rabu (16/11/2011).

Jika diperlukan, menurut Andreas, pasien akan diberi obat-obatan untuk mengatasi keluhan yang muncul saat mengurangi atau menghentikan merokoknya, seperti mulut pahit, gelisah, atau pusing. Obat-obatan ini diharapkan efektif membantu perokok menghentikan kebiasaan merokoknya. "Semua layanan ini gratis dibiayai Pemkot Solo," kata Andreas.

No comments:

Post a Comment